:::: MENU ::::
  • Berbagi Ilmu Peternakan

  • Peternak Muda

  • Bangga Menjadi Peternak

Thursday 18 October 2018


Penjelasan Oleh Pakar Pakan di Balitnak Ciawi-Bogor
Berawal dari kegiatan kampus Politeknik Pembangunan Pertanian jurusan Penyuluhan Peternakan di magelang yaitu Field Trip, saya beserta temen-temen angkatan mengunjungi Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor dan dalam penjelasan salah satu pakar pakan di Balitnak tersebut menyebutkan bahwa pakan dapat mempengaruhi rasa beserta aroma dari susu yang di hasilkan sapi maupun kambing perah. Memang di balitnak sendiri memiliki peternakan sapi perah yang cukup bagus menurut saya karena dalam managemen pemeliharaan sampai pengolahan susu di Balitnak tersebut dilakakukan sesuai dengan standar SNI, baik untuk bibit sapi perah sampai susu yang dihasilkan.
Dari pernyataan oleh pakar pakan tersebut, namun sayang sekali saya lupa nama beliau, tp yang saya ingat adalah beliau sudah mempraktekkan hal tersebut. Beliau juga memilik peternakan kambing perah di rumahnya di daerah ciawi juga, dalam kunjungan saya di gudang pengolahan pakan tersebut di jelaskan bahwa beberapa tipe pakan yang di campurkan dalam konsentrat pakan ternak kambing perah merupakan pakan tambahan yang menambah citarasa dan kaunikan tersendiri dari susu yang di hasilkan, penasaran dengan hal ini saya lancut bertanya-tanya lebih jauh tentang bahan apa saja yang bisa mempengaruhi kualitas dan rasa susu tersebut.
Kondisi Gudang dan Pengolahan Pakan
Sangat mengagetkan bahwa beberapa bahan pakan yang di sebutkan oleh beliau merupakan pakan yang dapat mempengaruhi rasa susu yang dihasilkan, contoh yang beliau paparkan adalah ampas kurma yang dapat membuat rasa susu menjadi lebih legit. legit disini berarti lebih manis dan rasa susu yang keluar waktu kita minum dapat meluap-luap. Contoh campuran pakan yang mempengaruhi yang lainnya dalah kulit singkong yang diberikan pada ternak dalam keadaan basah, beberapa peternak masih takut untuk memberikan pakan kulit singkong dalam keadaan basah karena takut tingginya kandungan sianida, namun hal ini dapat diminimalisir dengan pencampuran probiotik dan vitamin, papar beliau. Kulit singkong disini dapat membuat rasa susu yang di hasilkan lebih rendah lemah, cocok untuk para wanita yang suka diet, gurau beliau. Obrolan kamipun tidak sampai di situ saja, namun melebar sampai ransum yang di gunakan beliau pada ternak perahnya. Menyenangkan dapat bertemu dengan pakar pakan di Balitnak Ciawi Bogor.
Mesin Pencampur Pakan
Selama topik obrolan kami di pengaruh pakan yang mempengaruhi rasa susu tersebut dapat saya simpulkan bahwa bukan hanya kopi saja yang dapat berubah-ubah citarasanya sesui dengan iklim, kondisi, cara perlakuannya, dll. Namun susu merupan bahan yang dapat juga di samakan dengan kopi, hanya kurangnya para pakar ataupun pecinta susu yang dapat menikmati susu tersebut sampai hatinya. Mungkin peluang kedepan adalah mengembangkan susu dengan berbagai rasa dan berbagai cara penyajian sehingga menciptakan rasa yang memang khas.
                 Mungkin itu saja cerita dan informasi yang saya bagikan, jangan lupa ikuti blog ini dan tetap komen dan share artikel ini. Ya untuk menambah semangat saya untuk menulis.

0 comments:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us