:::: MENU ::::
  • Berbagi Ilmu Peternakan

  • Peternak Muda

  • Bangga Menjadi Peternak

Tuesday 30 October 2018



Mengenai hal ini, banyak sistem yang dapat diikuti, tetapi apapun sistem yang dipakai, yang terpentig adalah anakan sapi harus mendapatkan susu pertama dari induknya setelah melahirkan atau biasa disebut kolustrum. Pastikan anakan sapi mendapatkan cukup kolustrum, yaitu antara 2 sampai 2,5 liter perhari untuk 3 hari pertama dihitung dari kelahirannya.
Beberapa cara kolustrum dapat diberikan untuk selain anakan sapi yang dilahirkannya yang berada dalam suatu kawanan anakan sapi agar anakan tersebut dapat mendapatkan kolustrum dengan normal. Jika memungkinkan, saat indukan memberikan susu kepada anaknya, bekukan beberapa kolustrum untuk diberikan di waktu selanjutnya. Tidak melakukan hal ini sangat tidak dianjurkan. Kolustrum dapat dicerna dengan baik saat kita memberikannya pada temperature antara 99 dan 102 derajat farenhet. Daya simpan yang lama di kolustrum tersebut dapat di atasi dengan mengikuti cara tersebut.
Protein dari kolustrum mengandung banyak proporsi dari globulin dari pada susu biasa. Globulin adalah suatu zat yang nantinya dapat membentuk dan membangun antibodi yang dapat melindungi hewan dari banyak sekali infeksi yang berefek setelah dilahirkannya. Tingkat Gamma – Globulin di dalam darah pada anakan sapi adalah 0,97mg/ml saat dilahirkan. Dan meningkat menjadi 16,55 mg/ml setelah kolustrum di berikan pada 12 jam dan pada hari kedua, hal ini menunjukan peningkatan yang signifikan yaitu 28,18 mg/ml. Tingkat ini dapat sekali meningkat sampai sistem reti-coloendothelial dari anakan sapi tersebut dapat membentuk antibodi sendiri.

0 comments:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us