:::: MENU ::::
  • Berbagi Ilmu Peternakan

  • Peternak Muda

  • Bangga Menjadi Peternak

Tuesday 3 January 2017


         Susu sapi adalah salah satu kebutuhan manusia yang sangat di gemari dan di cari cari, oleh sebab itu peternak sapi perah yang unggul semakin lama bermunculan satu persatu. Walaupun biaya permodalan untuk usaha ternak sapi perah sangat tinggi, hal ini tidak menyulitkan para peternak untuk melnjutkan beternaknya, karena hasil yang mereka dapat sangat menguntungkan dan dapat menutupi modal awal mereka meritis usaha sapi perah.
         Sapi perah adalah katagori bagi sapi sapi yang di manfaatkan untuk di ambul susunya. Sapi jenis ini pada umumnya adalah jenis sapi FH, namun tidak menutup kmungkinan jika seekor sapi simental dapat menghasilkan susu, karena sejatinya semua jenis sapi dapat menghasilkan susu, yang membedakan adalah tingkat banyaknya susu yang di produksi, untuk sapi jenis FH dapat menghasilkan 25 liter susu perhari, oleh karena itu sapi FH di pilih sebagai sapi penghasil susu yang baik.
          Sebenarnya banyak jenis sapi yang dapat memproduksi sapi, namun di indonesia sendir para peternak susu sapi memilih sapi FH di karenakan perawatan yang mudah dan iklim yang cocok. Sapi FH seharusnya akan hidup baik di dataran tinggi seperti dieng, oleh karena itu bnyak penghasil susu sapi yang unggul ada di dataran tinggi. Walaupiun seperti itu, ada pula yang beternak sapi perah di dataran rendah karena sapi yang mereka ternak erupakan sapi FH yang sudah di adaptasikan dengan keadaan dataran rendah.
        Peternak sapi perah yang baik seharusnya dapat menilai atau memilih bibit sapi perah yang akan mereka besarkan untuk menghasilkan susu sapi. Skill ini dapat kita latih dengan sering melihat bakalan akalan sapi dan memilihnya untuk menjadi sapi penghasil susu yang unggul. Terdapat berbagai ciri ciri bagaimana memilih sapi perah yang baik. Ciri ciri tersebut adalah
             1.       Ciri pertama adalah sapi mempunyai bentuk yang luas dan berbentuk seperti baji atau gergaji
             2.       Ciri yang ke dua adalah sapi memiliki puting yang simetris dan berjumalah 4
             3.       Sapi penghasil susu seharusnya memiliki bentuk ambing yang besar
             4.       Tulang rusuk yang berada di atas tidak terlihat kurus, seharusnya berisi dan hampir tidak terlihat tulangnya
             5.       Bentuk kaki belakang yang lebar yang memungknkan memiliki ambing sapi yang besar

         Ciri di atas adalah sebagian ciri sapi perah yang unggul dan baik untuk kita pilih sebagai penghasil susu yang baik. Sebenarya masihbnyak lagi ciri ciri sapi susu yang baik, akan kami bahas di artikel selanjutnya.
         Sekian artikel ini, saran dan kritik kami terima dengan lapang untuk memperbaiki blog kami. Terima kasih sudah mebaca

1 comment:

A call-to-action text Contact us