:::: MENU ::::
  • Berbagi Ilmu Peternakan

  • Peternak Muda

  • Bangga Menjadi Peternak

Tuesday 3 January 2017


          Skill yang harus dimilki oleh peternak sapi adalah judging atau menilai sapi. Jadging adalah cara peternak menilai seekor sapi dengan tujuan untuk mengukur kualitas sapi tersebut. Biasanya penilaian di lakukan oleh seorang peternak sapi untuk memilih sapi yang akan di belinya dan membandingkan dengan harga. Sapi yang pantas mendapat harga tinggi adalah sapi yang memiliki nilai tinggi.

         Sapi di nilai agar supaya dapat di ketahui kualitasnya. Perlombaan perlombaan sapi juga biasanya memanggil seorang peternak yang sudah ahli dalam bidang penilaian sapi untuk menentukan siapa juara dari lomba tersebut.
Judging atau penlaian dapata di lakukan dngan cara mengamati sapi tersebut secara keseluruhan. Judging juga tidak memerlukan bantuan alat lainnya.
Proses judging di bagi menjadi 4. Yaitu
      1.       Pengamatan dari depan
       Dari depan seorang peternak dapat menilai sapi dengan mengamatibadannya yaitu bentuk kepala sapi yang harus berisi dan terlihat kokoh, rusuk yang ada harus terlihat bulat dan berdaging, dada haruslah berisi dan gagah, kesimetrisan kaki yang artinya kaki sapi haruslah simetris dan kuat. Serta cara berjalan sapi yang harusnya normal untuk menilai pertulangan kakinya. Melihat psapi dai depan dapat di amati dengan jarak 3 meter.
      2.       Pengaatan dari belakang
       Pengamatan dari belakang hampis sama dengan mengamati sapi dari depan, yaitu di jarak 3 meter. Hal yang di amati dari belakang sapi adalah sebagai berikut, lebar dan kedalaman bokong sapi, sapi yang memiliki bobot yang baik akan mempunyai bentuk bokong yang proposiaonal dan terada dalam atau padat, otot otot kaki yang terlihat kuat dan rapat padat, dan juga keserasian sapi saat berdiri dengan mengamati kedua kaki belakangnya, jika terlihat kokoh dan tidak pengkor maka sapi tersebut memiliki nilai yang tinggi
      3.       Pengamatan dari samping
      Pengamatan ini dilakukan dengan jarak 3-4,5 meter tergantung dengan panjang sapi tersebut. Hal yang di amati juga hampir sama yaitu keadaan kaki yang kuat dan kokoh, bentuk pinggul yang berisi, keadaan lutut yang sehat dan kuat menopang tubuhnya, dan bentuk tubuh yang kompak atau pas dngan kaki dan kepalanya.
 
      4.       Perabaan
      Dalam poin ke 4, hal yang harus di lakukan adalah meraba tubuh sapi untuk melihat daging dagingnya. Tempat yang biasa di raba adalah bagian dada, rusuk dan bokongnya, dan paha kaki kakinya. Hal ini dilakukan dengan cara menekan nekan daging tersebut dan merasaran teksturnya. Sapi yang baik seharusnya mempunyai lemak tinggi atau tebal dan kondisi kulit yang sehat.
Sapi yang baik akan memberikan kepuasan kepada peternaknya sendiri, dan cara menilai seekor sapi adalah melalui 4 cara di atas. Ada juga cara cara lain untuk menilainya salah satunya dengan mengukur bobot berat badannya. Pada artikel saelanjutnya akan kami paparkan bagaimana cara menilai sapi dari bobot badanya

     Sekian t=artiel tentang bagaimana cara menilai atau judging seekor sapi. Kritik dan saran kami tunggu untuk memperbaiki artikel ini. Terima kasih sudah membaca.

0 comments:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us